Gaya Hidup Sehat, bertahap untuk masa depan

Posted by Agus Saputra Monday, October 10, 2011 0 comentar
Gaya Hidup Sehat, kalimat tersebut atau slogan tersebut sering kita dengar, tapi bagaimana cara mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari kita? Kalau pun kita akan mengubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup sehat tentu tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan, perlu menjalani proses bertahap.
Termasuk juga bagi mereka yang didiagnosa menderita diabetes tentu akan disarankan untuk mengikuti gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin. Mereka harus meninggalkan kebiasaan buruk dalam gaya hidupnya agar dapat dihindari komplikasi.
Memang mengubah gaya hidup sekaligus tidaklah mudah tetapi hal itu bukan berarti tidak mungkin dilakukannya. American Diabetes Association bahkan memberikan langkah-langkah dalam mencapai hal tersebut:

1. Lakukan perubahan gaya hidup sehat secara bertahap, jangan langsung berubah secara total dan dramatis. Perubahan sedikit demi sedikit akan lebih mudah dijalani.
2. Hindari dan hadapi kebiasaan buruk kita selama ini serta sadari bahwa kebiasaan itu harus diubah.
3. Cari dan temukan tujuan yang akan dapat membangkitkan motivasi. Misal ingin melihat anak cucu tumbuh dewasa.
4. Buatlah prioritas, dahulukan sasaran yang dapat kita lakukan dengan senang.
5. Jika semua sudah kita lakukan, cobalah untuk mereview atau melihat seberapa besar kemajuan perubahan tersebut pada kondisi kita.
Postingan Terkait Lainnya :



0 Responses so far.

Post a Comment