HIDUP MANUSIA

Posted by Agus Saputra Saturday, December 3, 2011 0 comentar

 
Tujuan
            Menanamkan kesadaran peserta bahwa hidup kita adalah suatu keberadaan yang luar biasa berharga. Di dalam Tuhan, keluarbiasaan itu mencapai titik puncaknya.

“Ketika itulah Tuhan Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas ke dalam hidungnya;
Demikian manusia itu menjadi makhluk yang hidup”
(Kejadian 2:7)

Hidup! Suatu kata yang sangat luar biasa! Pengertian ini merupakan `titik persamaan` (common denominator) yang paling hakiki dari semua orang yang hidup. Kita semua yang bias membaca tulisan ini adalah manusia
yang HIDUP! Hidup adalah suatu subjek yang luar biasa. Manusia menilai hidup dari berbagai sudut, secara ilmu pengetahuan (menggunakan rasionya), maupun secara spiritual/batiniah (menggunakan hatinya).

Pengetahuan Dunia
            Dengan menggunakan rasionya manusia berusaha mencari bukti bukti tentang awal kehidupan di alam semesta ini. Beberapa disiplin ilmu yang berusaha menjawab pertanyaan ini antara lain :
·         Biologi, yang mencoba menelusuri asal-muasal kehidupan makhluk hidup.
·         Psikologi, yang berusaha menjelaskan kehidupan manusia di dalam segi hubungannya dengan diri sendiri.
·         Ekonomi, yang berusaha menunjukkan usaha manusia di dalam kebutuhan jasmaninya.
·         Pengetahuan Alam, yang merupakan ekspresi manusia dalam berinteraksi dengan alam sekitarnya, serta menemukan rahasia alam dan manfaatnya.
·         Kesenian, yang merupkan bentuk ekspresi emosi manusia.










Pengetahuan Spiritual
            Agama-agama di dunia ini berusaha menjawab pertanyaan yang lebih penting lagi, yaitu apakah ARTI kehidupan itu sebenarnya. Pada dasarnya, ada empat pertanyaan mendasar yang di pertanyakan dan di jawab oleh system filosofi agama-agama di dunia ini, yaitu :

1.      Darimanakah saya berasal ? (ONTOLOGI)
2.      Siapakah manusia dan siapakah saya ? (ANTHROPOLOGI)
3.      Kemana saya akan pergi ? (TELEOLOGI)
4.      Kalau begitu apakah yang benilai di dalam hidup ini, atau apakah yang menjadi tugas dan tanggung jawab manusia ? (AXIOLOGI)

Jawaban terhadap keempat pertanyaan itu membentuk apa yang di sebut sebagai suatu system kepercayaan (Worldview). Alkitab yang termasuk salah satu system kepercayaan, menjawab keempat pertanyaan di atas dengan benar.
Postingan Terkait Lainnya :



0 Responses so far.

Post a Comment