7 Bencana Alam Terbesar Di Tahun 2011

Posted by Agus Saputra Tuesday, January 3, 2012 0 comentar
1 . Banjir Besar - Australia




Banjir di Australia menjadi salah satu banjir yang terparah melanda Australia beberapa dekade ini. Bahkan, kota terbesar ketiga di negeri itu, Brisbane, kemarin (12/1/2011) yang juga ibu kota negara bagian Queensland itu telah diterjang banjir parah dan telah berubah menjadi kota hantu yang tidak berpenghuni. Akibat banjir yang menggenangi Brisbane, ribuan penghuninya memilih untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan meninggalkan rumah mereka. Ketinggian air sudah mencapai 1,5 meter dan bebearpa bagian sudut kota, genangan air yang bercampur dengan lumpur itu sudah mengenai bagian atas lampu lalu lintas.
Brisbane menjadi kota terakhir yang dilanda banjir setelah sebelumnya sejak November tahun lalu, hujan deras terus mengguyur sebagian kota di Australia dan berubah menjadi banjir. Banjir yang melanda Queensland menjadi catatan sejarah tentang banjir terparah dan terburuk sejak 1974 atau sekitar 37 tahun lalu.
Bligh menyebutkan, sedikitnya 22 orang tewas dan 43 hilang di seantero wilayah Queensland sejak banjir pada November tahun lalu. Genangan banjir saat ini jauh lebih luas jika dibandingkan dengan wilayah Prancis dan Jerman.Kerugian akibat banjir ditaksir AUD 5 miliar (sekitar Rp 44,5 triliun). Pasalnya, banjir itu telah menghentikan industri batu bara dan merusak pertanian di seantero negara bagian tersebut.
 
2. Gempa Bumi - Selandia Baru


Spoiler for :


Pihak berwenang di Selandia Baru mengatakan mereka sekarang telah menemukan 98 jenazah, termasuk di antaranya dua bayi, setelah gempa bumi berkekuatan 6,3 pada skala Richter melanda kota Christchurch, Selasa.
Orang-orang yang hilang itu termasuk lebih dari 100 orang yang diyakini terkurung dalam reruntuhan sebuah bangunan yang ditempati oleh sebuah stasiun televisi, Canterbury Television, dan sebuah sekolah bahasa asing. Sekolah tersebut memiliki lebih dari 80 siswa dan pegawai, termasuk beberapa dari Jepang.
Meskipun harapan semakin pudar, seorang pejabat kepolisian setempat mengatakan tim-tim SAR masih berusaha keras menemukan orang-orang yang masih hidup dalam puing-puing bangunan itu.
Pihak berwenang mengatakan sebagian dari orang yang hilang kemungkinan tidak terhubungi karena terputusnya saluran komunikasi.
 
3 . Gelombang Panas - Amerika dan Zimbabwe


Spoiler for :


(Panas yang sangat menyengat membuat dua anak di Washington DC bermain sambil mandi air dari pipa pemadam kebakaran)

Warga Amerika yang sedang dilanda gelombang panas brutal kini bersiap-siap menghadapi gelombang panas berhari-hari lagi.
Badan Cuaca Nasional memperingatkan, cuaca panas luar biasa akan melanda Amerika bagian timur dan tengah hari Jumat. Suhu udara bisa melonjak setinggi 39 derajat celsius. Kelembaban yang tinggi membuat suhu udara terasa seperti 46 derajat celsius.
Badan Cuaca Nasional juga memperingatkan suhu panas berdampak pada kualitas udara. Lembaga itu mengeluarkan apa yang disebut "Siaga Merah" bagi ibukota Amerika, Washington, di mana suhu udara diperkirakan mencapai 40-an Celsius.
Gelombang udara panas yang melanda Amerika Serikat bagian tengah mengakibatkan sedikitnya 13 orang meninggal dunia.

Zimbabwe

Pejabat Taman Nasional dan Suaka Margasatwa Zimbabwe mengatakan sebanyak 77 gajah tewas dalam tempo tiga bulan akibat gelombang panas yang melanda negara tersebut. Gelombang panas menyebabkan sumber air di wilayah itu mongering.

Jagawana di Taman Nasional Hwange menghitung sebanyak 18 anak gajah dan 21 gajah muda menjadi bagian dari gajah-gajah yang tewas akibat gelombang panas tersebut.
 
4 . Gempa Bumi - Turki

Quote:
Spoiler for :




Korban tewas diperkirakan mencapai 1000 orang setelah gempa kuat berkekuatan 7,3 Skala Richter mengguncang negara itu. Demikian Kantor berita 68H memberitakan. Seperti telah diinformasikan sebelumnya, terjadi gempa bumi besar mengguncang Turki 7,3 SR kemarin (23/10) Gempa Bumi Besar 7,3 SR Guncang Turki
Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan 138 orang tewas dan 350 orang cedera setelah gempa bumi hari Minggu mengguncang negara negara tersebut. Sembilan puluh tiga tewas di Van, sementara 45 tewas dalam Ercis, katanya, menambahkan bahwa angka-angka tersebut diperkirakan akan meningkat.
US Geological Survey melaporkan gempa pada awalnya telah berkekuatan 7,3, kemudian direvisi ke bawah menjadi 7,2. Sekitar 20 gempa susulan mengguncang daerah, salah satu bangsa termiskin. Yang terbesar memiliki magnitudo 6,0 SR baru saja notifikasi diterima dumalana.com.
Erdogan mengatakan 55 bangunan ambruk di Ercis di pantai utara Danau Van, sedangkan Bulan Sabit Merah (Palang Merah) Turki mengatakan sebelumnya bahwa 25 bangunan apartemen dan asrama mahasiswa runtuh.
Upaya penyelamatan masih berlangsung di Ercis, CNN melaporkan, warga juga melakukan upaya penyelamatan. Ambulans mengalami kesulitan masuk ke kota karena jalan-jalan penuh dengan puing-puing.
 
5. Banjir dan Tanah Longsor - Thailand
Quote:
Spoiler for :



Sebanyak 615 orang telah dikonfirmasi tewas dan tiga lainnya masih dinyatakan hilang selama banjir besar yang berlangsung tiga bulan. Demikian pernyataan resmi Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Thailand pada Ahad (27/11).

Banjir yang melanda sekitar 65 provinsi dari 77 provinsi di seluruh Thailand itu kini sudah mulai surut. Namun, banjir masih menggenangi sekitar 16 provinsi di kawasan pusat dan empat provinsi lainnya di kawasan selatan. Hampir 1,9 juta rumah dan lebih dari lima juta orang masih terjebak situasi banjir.

Banjir bandang dan tanah longsor juga terjadi beberapa hari lalu di empat provinsi kawasan selatan yang disebabkan oleh hujan lebat. Bencana terbaru itu dilaporkan telah menimpa lebih dari 31 ribu rumah. Sejak Juli lalu, seluruh penjuru Thailand dilanda banjir besar akibat hujan lebat dam badai tropis.

Secara keseluruhan, kerugian negara akibat banjir tersebut mencapai US$ 23 miliar sampai US$ 28 miliar.


 
6 . Angin Topan dan Banjir bandang - Philipina

Quote:
Spoiler for :



Palang Merah Filipina melaporkan, korban jiwa dalam banjir bandang di bagian selatan Filipina meningkat menjadi 521. Banjir itu dipicu oleh munculnya Angin Topan Washi pada Sabtu kemarin.
Menurut Palang Merah Filipina, korban yang tewas akibat angin topan itu akan semakin meningkat. Banyak warga yang dinyatakan hilang. Banjir yang dipicu oleh angin topan itu juga sudah menyapu banyak desa di Pulau Mindanao. Demikian seperti diberitakan Associated Press, Minggu (18/12/2011).
Angin Topan Washi menyerang Pulau Mindanao yang terletak di bagian selatan Filipina, tepatnya di Kota Cagayan de Oro dan Iligan pada Jumat kemarin dan menyebabkan hujan badai. Para petugas huru hara, militer, dan kepolisian Filipina tampak bahu-membahu dalam melakukan evakuasi di tempat kejadian perkara.
Sekira 100 ribu warga Filipina kini hidup dalam pengungsian karena rumah-rumah yang mereka tempati hancur. Sementara itu 200 orang juga dikabarkan hilang dalam bencana ini.


 Tsunami dan Gempa Bumi - Jepang
Quote:
Spoiler for :



Jepang yang di landa bencana Gempa dan Tsunami kini mulai banyak korban yang berjatuhan,Gempa ini sangat terdasyat yang terjadi di Jepang,Gempa yang terjadi pada Jepang telah meluluhlantahkan kota di jepang dan meporakporandakan kota dan rumah rumah banyak yang berserakan dan mobil mobil juga ikut serta di bawa arus Tsunami.
Selain menewaskan ratusan orang, gempa berkekuatan 8,9 skala richter (SR) ini juga menyebabkan puluhan warga lainnya terluka. Gempa yang disertai gelombang tsunami ini juga memicu terjadinya kebakaran dan kerusakan dari rumah warga.

From : Kaskus.us
Postingan Terkait Lainnya :



0 Responses so far.

Post a Comment